Langsung ke konten utama

KUMPULAN KAIDAH USHUL FIQIH DAN PENJELASANNYA

KUMPULAN KAIDAH USHUL FIQIH DAN PENJELASANNYA

Amar dan kaidah-kaidahnyaا لأ مــر هــو طــلــب ا لــفــعــل مــن ا لأ عــلى ا لى ا لأ د نىِAmar adalah tuntutan melakukan pekerjaan dari orang yang derajatnya lebih tinggi kepada orang yang derajatnya lebih rendah.
Bentuk – Bentuk Amar1. Fiil Amar co : QS 17 : 792. Fiil Mudhori yang didahului lam amr co QS 65 : 73. Lafad-lafad قــضى - كــتــب - و جــب - فــر ض4. Isim Fiil Amar عــلــيــكــم5. Masdar pengganti fiil co ا حـــســا نـا co QS 2 : 836. Kalam Khobar bermakna Insya co QS 2 : 228Makna Amar selain makna perintah1. boleh co QS 2: 602. ancaman co أ عــمــلـو ا مـا شــئــتــم3. Sunah co : 24 : 334. petunjuk co QS 2 : 2825. memuliakan co 15 : 466. menyamakan co QS 52 : 167. Penghinaan QS 2 : 658. Melemahkan QS 2 : 239. pernyataan terhadap nikmat ( imtinan ) co QS 6: 14210. Penciptaan co 36 : 8211. Penyerahan ( tafwid ) QS toha : 7212. Mendustakan 2: 11113. sedih ( talhif ) 3: 11914. permohonan ( doa ) 2 : 20115. Permintaan biasa co. mainlah kerumahku16. angan-angan ( tamanni ) co memohon semoga muda kembali17. sopan santun co hadits agar makan makanan yang letaknya dekat dengan tempat duduk.
Kaidah-kaidah AMR
ا لأ صــل فى ا لأ مــر لـلــو جـو ب
Asal dalam perintah menunjukan arti wajibا لأ صــل فى ا لأ مــر لـلــو جـو ب و لا تـد لّ عـلى غـيـره ا لأ بــقــر يــنــةAsal dalam perintah menunjukan arti wajib` kecuali ada dalil yang memalingkanya.
ا لأ صــل فى ا لأ مــر لأ يــقــتـضى ا لــتــكــرا رAsal dalam perintah tidak menghendaki pengulangan
ا لــحــكــم يــد و ر مــع ا لــعــلّـة و جـو دا و عــد مـاHokum itu berkisar pada : ada atau tidak adanya illat
ا لأ صــل فى الأ مــر لا يــقـتـضى ا لــفــو رAsal dari perintah tidak menunjukan segera.
ا لأ مــر بــا لــشــيـئ أ مــر بــو ســا ئــلــه حـكــم ا لــمــقــا صــدPerintah kepada sesuatu menjadi perintah pada perantaranya. Dan perantara itu hukumnya sama dengan yang dimakasud
مـا لأ يــتــم ا لــو ا جــب ا لا بـه فــهــو و ا جــبTidak akan sempurna suatu kewajiban kecuali dengan sesuatu yang lain, maka sesuatu yang lain itu pun hukumnya menjadi wajib.
ا لأ مــر بــا لــشــيئ نــهــي عـن ضــدّ هPerintah terhadap sesuatu merupakan larangan dari sebaliknya.
ا لأ مــر بــعـد ا لــنـهـى يــفــيــد ا لأ بــا حــةPerintah yang jatuh setelah adanya larangan hukumnya adalah boleh.
Kaidah NAHI ( larangan )ا لــنـهـي هـو طــلـب ا لــكــفّ عـن فــعــل مـن ا لأ عــلى ا لى ا لأ د نىLaranga adalah tuntutan untuk meninggalkan perbuatan dari orang yang lebih tinggi derajatnya kepada yang rendah.
Bentuk – Bentuk nahi1. Fiil nahi 17 : 322. Fiil mudori 56 : 793. lafal-lafal larangan حـرم – ا حــذ ر – ا تــر ك - خـطـر – نـهـى – د ع – ذ ر
Makna Nahi selain larangan1. makruh co hdits larang solat dikandang onta2. harapan, doa 2 : 2863. petunjuk 5 : 1014. menghibur ( I’tinas ) 9: 405. angan-angan 32: 126. biasa ( iltimas ) co jangan main kesana7. menjelaskan suatu akibat. Co menganggap mati orang jihad fisabililah 3 : 1698. menjelaskan ( tanbih ) co jangan melarang jika engkau mengerjakan
KAidahkaidah NAHIا لأ صــل فـى ا لــنــهـى لـلــتــحــر يــمAsal pada larangan menunjukan arti haram
ا لــنــهــى عـن ا لــشــيـئ أ مــر بــضــد هLarangan terhadap sesuatu berarti perintah kebalikannya.
ا لأ صــل فـى ا لــنــهــى يــقــتــضـى ا لــفــســا د مــطــلــقـاAsal larangan akan mengakibatkan kerusakan secara mutlak
ا لأ صــل فـى ا لــنــهـى يــقــتــضـى ا لــــتـكــر ا ر مـطــــلــقــاAsal dalam larangan menghendaki adanya pengulangan seanjang masa.

‘AM ( UMUM )ا لـعـا م هـو ا لـلــفـظ ا لـمـسـتــغـر ق لـجـمـيـع مـا يـصـلـح و ضـع و ا حـد د فـعـة‘Am adlah lafal yang menujukan pengertian umum yang mencakup satuan-satuan ( afrad) yang ada dalam lafal itu tanpa pembatasan jumlah tettentu.
Menurut jumhur ulama, ‘am dibangun dari khas. Oleh karena itu khas lebih kuat dari ‘am. Maka ‘am dapat digugurkan ketika ditemukan khas. Sedangka khas tidak dapat digugurkan dengan adanya ‘amm.
Lafal-Lafal Yang menujukan ‘AMM1. كــل ّ يشى جــمــيــع2 ا ل تــعــر يــف ا لــجــنــس " ا لــبــيـع يـنــقـل ا لـمــلـكــيّــة لــفـظ ا لـمأأفـر د مـع3. lafal jama yang dimakrifatkan dengan alif lamtarif jinsi4. lafal mufrod da jama yg dimakrifatkan dg idofat co و ا مـا بــنـعـمــة ر بـك5. isim – isim maushul6. isim-isim isyarat7. isim –isim istifham8. Isim nakiroh yang dinafikan co لا هـجـر ة بــعـد ا لــفــتـح
KAIDAH ‘AM
ا لـعـمـو م لا يـتصـو ر ا لأ حــكت مKeumuman itu tidak mengambarkan suatu hokum.
ا لـمـفـهـو م لـه عـمـو مMakna yang tersirat itu mempunyai bentuk umum.
ا لـمـخـا طـب يـد خـل فى عـمـو م خـطـا بOrang yang memerintahkan sesuatu masuk ke dalam pemerintah tersebut.
ا لـعـبـر ة بـعـمـو م ا لـلـفـــظ لا بــخـصـو ص ا لــسـبــبSuatu ungkapan itu berdasarkan keumuman lafal, bukan kekhususan sebab.
ا لــعـمـل بـا لــعــا م قـبـل ا لـبـحـث عـن ا لـمـخــصّــص لا يـجـو زMengamalkan lafal yang bersifat umum sebelum ada pengkhususan tidaklah diperbolehkan.
عــمـو م ا لــعـا م ســمــو لــيّ و عـمـو م ا لــمــطــلــق بــد لــي ّKeumuman itu bersaft menyeluruh, sedangkan keumuman mutlak itu bersifat mengganti atau mewakili.
KHAS ( KHUSUS )ا لـلــفـظ ا لـذ ى يـد لّ عـلى مـعـنى و ا حــدlafal yang menunjukan makna tertentu.

ADA 2 JENIS TAKHSHISa. Takhshih muttasil ( bersambung )
1. syarat co 2 : 2282. Sifat 4 : 923. Goyah ( maksud, tujuan ) co. 5:64. badal ba’du min kulli co : haji bagi yang mampu5. hal ( keadaan ) co larangan saat ketika mabuk 4 : 436. Dzorof makan dan zaman. Co masa zakat fitrah jadi sodakoh setelah sholat id.b. takhsih munfasil ( terpissah )
1. mentahsis qur’an dengan qur’an 2: 228 dengan 65 : 42. mentakhsis qur’an dengan sunah co. warisan 4 : 11 dengan kafir dan pembunuh3. mentakhsis sunah dengan qur’an contoh hadits wudu dengan tayamum 4:434. sunah ditskhsis dengan suanh. Co zakat tani 10 % dengan tidak wajib sebelum lima wasak5. qur’an atau hadits ditakhsis dengan qiyas co. hukum dera bgi pejina 100 kali 24 : 2 dengan qiyas hamba sahaya 50 kali.6. qur’an ditakhsis dengan akal co. wajib haji 3 : 97 anak kcil dan org gila tidak wajib.7. hadits ditakhsis dengan mafhum ( maknba tersirat ) co zakat satu kambing dari 40. hanya kambing diluar kandang mencari makan sendiri , tapi yang dikandang /dipelihara tidak wajib ( HR Bukhari )8. penghususna dengan problem nyata karena darurat hukum nya boleh. Co abdurahman bin auf dan zubair boleh pakai sutera karena penyakit ggatal.

Mutlaq dan MuqoyyadAdalah lafal yang menujukan sesuatu yang tidak terbatas.Adalah lafal yang menujukan sesuatu yang tidak terbatas.ا لــمــطــلــق هــو ا للــفــظ ا اــخــا ص لـم يــقــيـّــد بــقــيــد لــفــظــيّ يــقــلّــل شــيــو عــهMutlaq adalah suatu lafadz tertentu yang tidak terikat oleh batasan lafadz yang mengurangi keumumannya.ا لـــمــقــيّــد هـو ا للــفــظ ا لــخــا ص قــيّــد لــفــظــيّ يــقــلّــل شــيــو عــهMuqayyad adalah lafadz tetentu yang dibataasi oleh batasan lafadz lain yang mengurangi keumumannya.
ا لـمـطـلـق عـلى ا طــلـقــه مـا لـم يــقـم د لــيـل عـلى تــقــيــد هHukum mutlaq ditetapkan berdasarkan kemutlakannya sebelum ada dalil yang membatasinya.
ا لــمـقــيـد بـا ق عـلى تــقــيــيـد ه مـا لـم يــقـم د لـيــل عــلى ا طــلا قــهLafal muqayyad tetap dihukumi muqayyad sebelum ada bukti yang memutlakannya.
ا لــمــطــلـق لا يــبـقـى عـلى ا طــلا قــه ا ذ ا يـقـو م د لـــيـل عــلى تــقــيـيـد هLafal mutlak tidak boleh dinyatakan mutlak jika telah ada yang membatasinya.
ا لــمـقــيـد لا يـبـقـى عـلى تـقـيـيـد ه ا ذ ا يـقـو م د لـــيـل عـلى ا طـــلا قــهMuqayyad tidak aka tetap dikatakan muqayyad jika ada dalil lain yang menunjukan kemutlakannya.
ا لــمـطــلـق يـحـمـل عـلى ا لـمـقـيـّتد ا ذ ا ا تّــفــقـا فى ا لــســبـب و ا لــحـكــمMutlak dibawa ke mukoyyad jika sebab dan hukumny sama.
ا لـمــطــلـق يـحــمــل عــلى ا لــمــقــيـد ا ن ا خــتــلـفـا فى ا لــســبـبMutlak itu dibawa ke mukoyyad jika sebabnya berbeda
ا لـمــطــلــق لا يــحــمـل عـلى ا لــمــقــيــد ا ذ ا ا خــتــلـف فى ا لــحــكـمMutlak itu tidak dibawa ke mukoyyad jika yang berbeda hanya hukumnya
ا لــمــطــلـق لا يــحــمـل عـلى ا لــمــقــيــد ا ذ ا ا خـــتــلـفـا فى ا لــســبــب و ا لــحــكــمMutlak itu tidak dibawa ke mukoyyad jika sebab dan hukumnya berbeda

MANTUQ ( YANG TERSURAT ) DAN MAFHUM YANG TERSIRAT )Mantuq adalah lafal yang kandungan hukumnya tersurat di dalam apa yang diucakan.Mafhum adalah lafal yang kandungan hukumnya ada dibalik arti mantuq
مــا د لّ عــلــيــه ا لـلــفــظ فى مــحــلّ ا لــنّــطــقManthuq adalah sesuatu yang ditunjukan oleh lafadz sesuai dengan yang diucapkanمــا د لّ عــلــيــه ا لـلــفــظ لا فى مــحــلّ ا لــنّــطــقMafhum adalah sesuatu yang ditunjukan oleh lafadz, bukan arti harfiyyah yang diucapkanMafhum terbagi 2 :1.mafhum muwafaqoh yaitu menetapkan hukum dari maknanya yang sejalan atau sepadan dengan makna yang tersurat. Co. khomar itu haram, maka semua yang memabukan hukumnya haram.Mafhum Muwafaqoh terbagi 2 :1. fahwal khitab ketika yang tersirat lebih utama dari yang tersurat. Co 17 : 23. ah saja dilarang, apalagi memukul. 17 : 32 jangan mendekati zina. Mafhum muwafaqoh fhwal khitabnya adalah mendekati zina saja diharamkan, apalagi melakukannya.2. Lahnul Khitab,yaitu apabila yang tidak diucapkan ( tersirat ) sama hikumnya dengan yang diucapka ( tersurat ). Co. memakan harta anak yatim 4 : 9. mafhum muwafaqoh lanhul khitabnya contoh dengan membakar, atau merusaknya.2. mafhum mukhalafah adalah menetapkan hukum kebalikan dari hukum mantuqnyaMafhum mukhalafah terbagi1. mafhum dengan sifat co. hadits zakat kambing, maka mafhum mukhalafahnya adalah binatang yang dikandangin, diberi makan tidak wajib zakat.2. mafhum dengan goyah co. 2 : 187 mafhum mukhalafahnya apabila fajar datang, maka hentikan makan dan minum, atinya puasa dimuali.3. mafhum dengan syarat co. 65: 6, mafhum mukhalafahnya dalah jika istri yang ditalak tidak hamil, maka mantansuami tidak harus meberi nafkah.4. mafhum dengan bilangan co. 24 : 4, mafhum mukhalafahnya tidak boleh mendera < 80 atau > 80.مــفــهـو م ا لــمــو ا فــقــة حــجــةMafhum muawafakoh ( makna tersirat yang sesuai ) dapat dijadikan hukum.

MUJMAL DAM MUBAYYANMujmal adalah lafal yang mencakup kemungkinan segala keadaan dan hukum yang terkandung di dalam lafal tersebut. Ia bersifat global dan menyeluruh sehinga membingungkan dan tidak dapat diketahui secara jelas maksudnya tanpa danya mubayyan ( penjelas )Abdul Wahab Khalaf mendefinisikan, “ lafal yang pengertiannya tidak dapat dipahami dari lafal itu sendirin apabila tidak ada qarinah yang menjelaskannya.ا لــمــجــمــل هــو ا للــفــظ ا لــذ ي لا يــد لّ بــصــيــيــغـتــه عــلى ا لــمــر ا دMujmal adalah lafadz yang sighotnya tidak menunjukan apa yang dimaksud ( tidak jelas )ا لــمــبــيــّـن هــو ا للــفــظ ا لــذ ي يــد لّ بــصــيــيــغـتــه عــلى ا لــمــر ا دMubayyan adalah lafadz yang sigotnya jelas menunjukan apa yang dimaksud.تــأ خــيــر ا لـبـــيــا ن عــن و قـــت ا لــحــا جـة لا يــجــو زMengakhirkan penjelasan pada saat dibutuhkan tidak dibolehkan.تــأ خــيــر ا لـبـــيــا ن عــن و قـــت ا لـــخــطــا ب يــجــو زMengkahirkan penjelasan pada saat diperintahkan hukumnya boleh.
MURADIF ( SINONIM ) DAN MUSYTARAK ( HOMONIM )ا لـلــفـظ ا لــمــتـعــد د لــمـعــنى و ا حــد اmurodif adalah dua kata atau lebih, satu arti
ا لـلـــفـظ ا لــذ ى يــد ل عــلى مـعــنـيـن ا و ا كــثـرmusytarak adalah satu kata mempunyai dua arti atau lebih
أ يــقــا ع كل مــن ا لــمــر ا د فــيــن مــكا ن ا لا خــر يــجــو ز ا ذ ا لــم يــقـم عــلــيــه طــا لــع شــر عــيّMendudukan dua muradif pada tempat yang lain ( mempertukarkannya ) itu diperbolehkan jika tidak ada ketetapannya.أ ســتــعــمــا ل ا لــمــشــتــر ك فى مــعــنـيــه ا و مــعــا نــيــه يــجــو زPenggunaan Musytarak menurut makna yang dikehendaki ataupun untuk beberapa maknanya itu diperbolehkan.
ZAHIR DAN MUAWWAL / TAKWIL
Zahir adalah lafal yang menunjukan arti secara langsung dari nas itu sendiri, tanpa memerlukan qarinah ( penyerta ) lain yang dating dari luar untuk memahami maksudnmya. Oleh karenanya lafal zahir tidak memungkinkan adanya takhshis, takwil, dan naskh.Takwil adalah memalingkan arti zahir kepada makna lain yang memingkinkan berdasarkan dalil / bukti.ا لــفــر و ع يــد خــلــه ا لــتــأ و يــل ا تــفــا قــاMasalah cabang dapat dimasuki takwil berdasarkan consensus.ا لأ صــو ل لا يــد خــلـه ا لــتــأ و يــلMasalah ushuludin ( aqidah ) tidak dapat menerima takwil.
NASAKH DALAM NAS

ر فــع ا لــشــا ر ع حــكــمــا شــر عــيّــا بــد لــيــل مــتــر ا خNaskh adalah membatalkan pelaksanaan hukum dengan hukum yang datang kemudian.ا بــظــا ل ا لــعــمــل بــا لــحــكــم ا لــشــر عــىّ بــد لــيــل مــتــر ا خ عــنــهNaskh adalah membatalkan pengamalan sesuatu hukum syuara’ dengan dalil yang datang kemudian.ا لــقــطــعــى لا يــنــســخــه ا لــظــنّDalil qath’I tidak dapat dihapus dengan dalil zanni.

مـا لا ت ا لأ فــعــا ل مـقـصـو د ة و مـعـتـبـر ةUkuran sesuatu perbuatan tergantung kepada tujuan
مـا لا يــتـمّ ا لـو ا جـب ا لا بـه فـهـو و ا جــبSesuatu yang menjadikan kewajiban sempurna karenanya adalah wajib
د ر أ ا لـمـفــا ســد مــقـــد م عــلى جــلـب ا لــمــصــا لــحMencegah kerusakan lebih diutamakan dari mencari kebaikan
ا لــر خــص لا تــنــا ط بــا لـمــعــا صــىKemudahan tidak dikaitkan dengan maksiat
ا اــعــبــر ة فى ا لـعـقــو د بــا لـمـقــا صــد و ا لــمــعــا نـى لا بـا لا لــــفـــا ظ و ا لــمــبــنىPerkara yang dianggap dalam akad-akad adalah berdasarkan kepada maksud dan iniat, bukan dengan lafadz dan perkataan.
مــا حــر م أ خــذ ه حــر م أ عــطــا ؤ هSesuatu yang diharamkan mengambilnya, diharamkan memberinya
مــا حــر م أ ســـتــعــمــا لـه حــر م أ تــخــا ذ هPerkara yang haram menggunkannya, haram mengambilnya
مـن ا ســتــعــجـل شــيــئـا قــبــل أ و ا نــه عــو قــب بــحــر مــا نــهBarang siapa yang bertindak cepat terhadap sesuatu sebelum waktunya, maka dibalas dengan sebaliknya.
ا ذ ا ا جــتــمــع ا لــحــلا ل و ا لــحــر ا م غــلــب ا لــحــر ا مApabila berkumpul halal dengan haram, maka yang dimenangkan adalah yang haram
ا لــضــر ر يــز ا ل شــر عــاBahaya harus dilenyapkan menurut syaraCo. memelihara diri dari merokok
ا لــضــر ر لا يــزا ل بــا لــضــررBahaya itu tidak boleh dilenyapkan dengan bahaya.
Co. Memakan manusia karena laparيــحــتـمــل ا لــضــرر ا لــخــا ص لــد فــع ا لــضــر ر ا لـــعــا مDitangguhkan bahaya khusus demi menolak bahaya umum.Co. Pembunuh harus dibunuh mengamankan jiwa-jiwa yang lain.Tangan pencuri dipotong demi menyelamatkan harta manusia.
يــر تــكــب أ خــفّ ا لــضــرر يــن لا تّــــــقــا ء أ شــدّ هـــمــاYang lebih ringan dinatara dua bahaya bias dilakukan demi menjaga yang lebih membahayakan.Co. seorang suami boleh di tahan ( bui) apabila menengguhkan memberi nafkah istrinya.Seorang istri boleh ditalak karena bahaya, dan suami tidak memberi nafkah kepadanyaMeninggalkan syarat sholat lebih ringan dari pada meninggalkan shalat.
ر فـــع ا لــضــرر مــقــدّ م عــلى جــلــب ا لــمــنــا فــعMenolak bahaya didahulukan dari pada menarik keuntunganCo. Seorang pemilik dilarang mengelola harta miliknya apabila membahayakan orang lain.Orang puasa, makruh berkumur dan menghisap air kedalam hidung secara berlebihan
ا لــضــرو رت تــبــيــح ا لــمــحــظــو ر ا تKeterpaksaan dapat diperkenankan melakukan hal-hal yang dilarang.Co. Orang yang sangat lapar terpaksa harus memakan bangkai , kalau tidak membahayakn orang lain.Orang yang enggan membayar hutang bias diambil hartanya tanpa ijin dia.
ا لــضــرور ا ت تــقــدّ ر بــقــد ر هــاKeterpaksaan itu diukur menurut tingkat keadaannya.Co. Orang yang dalam kedaan terpaksa tidak boleh memanpaatkan sesuatru yang haram kecuali sekedar dapat menahan lidah.Hukum rukhsoh menjadi gugur karena telah hilang sebabnya.
ا لــمــشــقــة تـــجــلــب ا لــتــيــســيــرKesulitan menuntut adanya kemudahan.Co. Semua rukhsoh dari Allah untuk membuat seorang dan meringankan beban mukalaf dengan adanya sebab 71. Bepergian 2. Sakit 3. Paksaan 4. Lupa 5. Tidak tahu 6. umumul bala ( ganguan umum ) 7. Kekurangan
ا لـــحــر ج شــر عــا مــر فــو عــاKesempitan menurut syara bias ditiadakan dan diterima.Co, Saksi wanita dalam hal tidak bias dilakukan laki-laki cacat dan buta.
ا لــحــا جــة تــنــز ل مــنــز لــة ا لــضــر و را ت فــى ا بــا حــة ا لـــمــحــظــو ر ا تـــ
Kebutuhan itu bias menduduki tingkatan keterpaksaan dalam kebolehan memeroleh sesuatu yang haram
KAIDAH ISTISHAB
مـا يـثـبـت بـا لـيــقــيـن لا يـزو ل بــا لـشــّــكّApa yang ditetapkan oleh sesuatu yang meyakinkan, maka tidak dapat dihilangkan dengan sesuatu yang meragukan.
ا لأ صــل بـــقـا ء مـا كا ن عـلى مـا كا ن حــتىّ يــثـبـت مـا يــغـيــرهAsal sesuatu adalah ketepan yang telah ada menurut keadaan semula sehingga terdapat suatu ketetapan yang mengubahnya.
ا لأ صــل فى الأ شـــيـاء ا لأ بــا حـةHukum asal segala sesuatu adalah boleh
ا لأ صــل فى الأ شـــيـاء ا لأ بــا حـة حــتى يــد ل ا لــد لــيـل عـلى تــحــر يــمــهــاHukum sesuatu pada asalnya adalah boleh sehingga ada dalil yang mengharamkannya.
ا لأ صــل فى ا لأ نــســا ن ا لــبــرا ء ةAsal pada manusia adalah bebas


بها الصلاح والفساد للعمل النية شرط لسائر العملAn niyatu sartun lisairil 'amal biha sholaku wal fasadu lil'amalNiat itu adalah syarat bagi semua amalan dalam ibadah dengan niat akan diketahui baik & buruknya amalan.
في جلبِها والدرء للقبائح الدِّينُ مبني على المصالحAd dinu mabniyun 'ala masholihi fi jalbiha wa dar ii lilqobaiihiAgama ini bangun untuk kebaikan dan maslahat dalam penetapan syariatnya dan untuk menolak kerusakan.يُقدَّم الأعلى من المصالحِ فإذا تزاحم عدد المصالحِJika dalam suatu masalah bertabrakan antara manfaat satu dengan yang lainnya maka di dahulukan & diambil manfaat yang paling besar / tinggiوضدُّه تزاحمُ المفاسدِ فارْتَكِب الأدنى من المفاسWADHIDDUHU TAZAKUMUL MAFASIDDI FARTAKABU ADNA MINAL MAFASIDIAdapun lawannya jika bertabrakan antara mudharat satu dengan yang lainya maka diambil mudharat yang paling kecil dan ringanن قواعد الشريعة التيسير في كل أمر نابه تعسير م وWAMIN QOWAI'IDIS SARI'ATIT TAISIRU FI KULLI AMRIN NAABAHU TA'SIRDan termasuk qaidah syari'ah adalah mudah dalam setiap perkara sebagai ganti dari kesulitan ( kesusahan )وليس واجب بلا اقتدار ولا مُحَرَّم مع اضطرارWALAISA WAJIBUN BILAA IQTIDARIN WALAA MUHAROMUN MA'AADH DHOROR.Tidak menjadi kewajiban jika tidak mampu mengerjakan dan tidak ada keharaman dalam keadaan darurat ( bahaya )وكل محظور مع الضرورة بقدر ما تحتاجه الضرورةWa kullu mahthurin ma'ad dhorurohi bi qodri maa tahtaajuhu ad dhorurotuSetiap hal yang dilarang itu di bolehkan jika dalam kondisi yang darurat, tetapi sesui dengan kadar yang dibolehkan saja untuk menghilangkan darurat itu.وترجع الأحكام لليقين فلا يزيل الشكُ لليقينWa turja'ul ahkamu lillyaqini falaa yuziilus sakku lillyaqiniDan dikembalikan hukum itu kepada yang diyakini dan keraguan tidaklah membatalkan keyakinan itu.والأصل في مياهنا الطهارة والأرض والسماء والحجارةwal aslu fi miyahinaa at thohaarotu wal ardhu was sama'u wal hijaarotuHukum asal air tanah, langit dan batu adalah suci.الأصل في الأبضاع واللحوم والنفس والأموال التحريمal aslu fil abdho'i wal luhuumi wan nafsi wal amwaali at tahrimHukum asal dalam hal perkawinan ( kemaluan ), daging hewan dan jiwa/nyawa dan harta adalah haram.والأصل في عاداتنا الإباحة حتى يجيء صارف الإباحةWal aslu fi 'aadaatinal ibaahati hatta yajii u sooriful ibahahDan hukum asal dalam kebiasaan ( adat istiadat ) adalah boleh saja sampai ada dalil yang memalingkan dari hukum asal.في العبادات التحريم الأصلAl aslu fil ibaadati at tahrimHukum asal ibadah adalah haram.الوسائل تعطى أحكام المقاصدal wasailu tu'thii ahkamul maqosidSemua sarana suatu perbuatan hukumnya sama dengan tujuannya ( perbuatan tersebut ).الإقر ار حجة قاصرةAl 'Iqrooru Hujjatun Qoo ShirohPengakuan adalah Sebuah Hujjah yang Terbatas

Semoga secuil tulisan ini bermanfaat untuk para pembaca. AminSumber :1. Drs. Safiudin Shidiq M. Ag. Fikih.Menggali Hukum Islam. Pustaka madani.2. Abdul Wahah Khalaf, Ilmu Ushul Fiqh. Gema Risalah Press. Bandung3. Drs. HM. Suparta, MA, Fiqih Mdrasal Aliyah. Karya Toha Putra. Bandung4. www. Gengprass.blogspot.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hukum Mencuri Dalam Islam :

Hukum Mencuri Dalam Islam : Maksud mencuri dari segi syarak: Mengambil harta milik orang lain secara sembunyi-sembunyi dari harta yang dijaga dengan syarat-syarat tertentu. Dari definisi mencuri di atas,mencuri adalah mengambil harta secara sembunyi-sembunyi.Oleh itu tidak dikatakan mencuri jika seseorang itu merompak,menggelap wang syarikat (pecah amanah),merampas dan meragut. Dalil Wajib Potong Tangan Pencuri Firman Allah: وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا جَزَاءً بِمَا كَسَبَا نَكَالًا مِّنَ اللَّهِ ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ فَمَن تَابَ مِن بَعْدِ ظُلْمِهِ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ اللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ Lelaki yang mencuri dan wanita yang mencuri,potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah.Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.Maka barangsiapa bertaubat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri,maka sesu

Ilmu nahwu

Ilmu nahwu Ilmu an-Nahwu ( Arab : ﻋﻠﻢ اﻟﻦحو ‎; bahasa Indonesia : nahu, sintaksis ; bahasa Inggris : syntax ) merupakan salah satu bagian dasar dari ilmu tata bahasa bahasa Arab untuk mengetahui jabatan kata dalam kalimat dan bentuk huruf/harakat terakhir dari suatu kata. Asal Usul Ilmu Nahu Asal-Usul Ilmu Nahu       Setelah Islam tersebar ke merata dunia dan meluasnya kekuasaan kerajaan Islam, ramai pemeluknya dari kalangan orang yang bukan arab, sehingga penggunaan bahasa arabpun semakin meluas di kalangan masyarakat, yang merupakan punca kesalahan dalam bahasa. Hal demikian memaksa para ulamak zaman itu mencipta kaedah-kaedah bahasa untuk membendung kesalahan yang sangat menonjol, lebih-lebih lagi dalam hal-hal yang berkaitan dengan Al-Quran dan ilmu-ilmu Islam yang lain. Telah dicatatkan bahawa di antara pakar-pakar Nahu pada masa itu adalah Abdullah bin Ishaq (wafat 730 M), Abu Al-Aswad Al-Du’ali (wafat 688 M), Al-Farahidi (wafat 791 M) dan Sibawaihi (w

Pinjam Meminjam dalam Islam

Pinjam Meminjam dalam Islam Pengertian Pinjam Meminjam Pinjam meminjam dalam istilah fikih disebut ‘ariyah. ‘Ariyah berasal dari bahasa Arab yang artinya pinjaman. ‘Ariyah adalah pemberian manfaat suatu benda halal dari seseorang kepada orang lain tanpa mengharap imbalan dengan tidak mengurangi atau merusak barang dan dikembalikan secara utuh, tepat pada waktunya. Semua benda yang dapat diambil manfaatnya dapat dipinjam atau dipinjamkan. Peminjam harus menjaga barang tersebut agar tidak rusak, atau hilang. Peminjam hanya boleh mengambil manfaat dari barang yang dipinjam. Sebagai bentuk tolong menolong, pinjam meminjam merupakan bentuk pertolongan kepada orang yang sangat membutuhkan suatu barang. Pinjam meminjam dalam kehidupan sehari-hari dapat menjalin tali silaturrahim, menumbuhkan rasa saling membutuhkan, saling menghormati, dan saling mengasihi. Oleh karena itu dalam masyarakat Islam, pinjam meminjam harus dilandasi dengan semangat dan nilai-nilai ajaran Islam. Allah SWT memberi